Sejahterakan Warga dengan Zakat


Baca juga : Capim BAZNas Sumedang Ikuti Tes Tertulis


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Ketua Baznas Sumedang Ali Badjri mengatakan zakat bisa membantu meringankan pemerintah dalam upaya menanggulangi kemiskinan. Artinya beban APBD atau APBN untuk menanggulangi kemiskinan bisa diringankan oleh zakat yang dikelola Baznas.

Ia menerangkan, sekarang ada undang-undang yang mengatur agar Baznas mendapatkan bantuan dana dari APBN dan APBD. Padahal mestinya Baznas mendapat uang zakat untuk membantu pemerintah daerah dan pusat menanggulangi kemiskinan.

"Bukan uang zakat (yang di Baznas) dimasukan ke APBD/ APBN, tapi yang tadinya uang APBD/ APBN yang mau dikasih ke Baznas dan untuk menanggulangi kemiskinan dihentikan," kata Ali, Selasa (31/12/2019).

Ali berharap partisipasi warga untuk menitipkan pembayaran zakatnya ke Baznas lebih naik lagi. Pemerintah juga membantu dengan memberikan regulai atau setidaknya himbauan kepada masyarakat agar menitipkan pembayaran zakatnya melalui Baznas.

Baznas selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial dalam penanggulangan kemiskinan. Data yang digunakan adalah data basis terpadu kemiskinna. Baznas akan membantu pemkab menurunkan angka kemiskinan.***(rtn)


baznas

Berita Terkait