Reporter : N Sutisna  I Editor : Deddi Rustandi

DARMARAJA - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengajak semua pihak bekerjasama dalam membangun dan menggali berbagai potensi ekonomi di Sumedang. Event West Java Paragliding World Cup Championship yang digelar di dua tempat di Sumedang harus dijadikan pemicu semangat masyarakat untuk mengembangkan potensi kewilayahan masing-masing.

"Semuanya berproses. Batudua yang dulunya bukan apa-apa kini menjadi tempat unggulan di Sumedang. Paling tidak tempat ini telah menorehkan sejarah dengan disinggahinya para atlet paralayang internasional dari sekitar 20 negara. Ke depan Batudua harus semakin menarik," ujar Herman, saat hadir pada kegiatan fun fly Paragliding di Cisema Pakualam, Senin (28/10/2019).

Ia menggambarkan, satu perubahan positif terlihat oleh membaiknya insfratruktur jalan ke Batudua. Kemudian areal take off yang dilengkap berbagai macam faslilitas. Areal take off, kata dia, dikunjungi tak hanya saat ada event paralayang. Tapi juga menjadi wisata masyarakat di hari-hari biasa. "Pemandangan yang tampak perairan Jatigede sudah menjadi tren foto bagi netizen. Ini kemajuan yang harus kita dorong. Biarkan ke depan akan orang tambah mengenal Batudua," katanya.

Herman menambahkan, masyarakat di berbagai wilayah Sumedang harus bergegas menciptakan peluang. Banyak yang bisa digali dari setiap daerah dengan memanfaatkan kondisi alam di wilayah masing-masing. "Tidak hanya event paralayang yang bisa mendunia. Banyak hal yang bisa membawa daerah ke luar negeri. Lihat saja jalan lingkar Timur Jatigede, saat indah, bisa dijadikan event lainnya," katanya.

Herman juga mengajak unsur ASN Sumedang berpacu dan bekerja cepat. Pejabat harus mau menjadi pelopor inovatif membangun Sumedang. "Sudah saatnya kita bergerak cepat, pejabat harus siap mengerahkan tenaga dan pikirannya untuk meju bersama masyarakat," ucapnya. []

(penerbit: sumedangkab.go.id)