Sekda Pantau Bencana Sindulang


Baca juga : Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila
Giliran Kecamatan Cimanggung, Lagi-lagi PT Kahatex Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana


CIMANGGUNG - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman di dampingi Camat Cimanggung Herry Harjadinata salurkan bantuan makanan kepada korban banjir dan longsor di wilayah Desa Sindulang. Selain itu pemerintah juga mendirikan dapur umum. Senin (2/3/2020). Sebelumnya sekda bersama rombongan kunjungi korban banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang.

“Warga yang terdampak banjir akibat meluapnya aliran sungai sub das citarik kurang lebih 50 KK (200 jiwa) sudah menempati kembali rumahnya karena air sudah surut,” terang Kepala Desa Sindulang Didin Wahyudin ST.

Melalui BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, bersama Satgas Citarum, PMI dan relawan bencana melaksanakan penanggulangan bencana banjir dan longsor di Desa Sindulang.

Bantuan bahan pangan dan obat-obatan sudah dikirim ke lokasi dari BPBD dan Dinas Kesehatan. Petugas dari Puskesmas Cimanggung dan PSC 119 stand by di lapangan untuk memberikan layanan kesehatan.

“Sampai saat ini kondisi masyarakat secara umum baik, ada beberapa yang kurang sehat langsung ditangani petugas kesehatan,”

menurut Didin penyebab banjir antara lain adanya lahan kritis di hulu (Gunung Kareumbi), pendangkalan sungai Citarik.

Rencana tindak lanjut untuk jangka pendek dengan melaksakan normalisasi sungai Citarik. Sedangkan untuk jangka menengah melakukan penghijauan di hulu dan sepanjang pinggir aliran sungai sub das Citarik serta pemasangan bronjong.

Terkait dengan bencana longsor saat ini sudah ditangani masyarakat dengan cara gotong- royong warga (membuat penahan sementara).

“Ke depan akan dibangun TPT permanen sepanjang 30 meter di lokasi bencana,”paparnya. [jun/dri]


Sumedang, Cimanggung

Berita Terkait