SUMEDANGKAB GO.ID, WADO - Banyaknya raihan penghargaan yang ditorehkan Kabupaten Sumedang atas inovasinya, diyakini menjadi modal untuk menjadikan Sumedang menjadi kabupaten maju di Jawa Barat. Untuk itulah, Sekretaris Daerah Herman Suryatman di hadapan para peserta Pembinaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) di dua kecamatan yaitu Kecamatan Wado dan Kecamatan Jatigede, mengajak agar aparatur di tingkat kecamatan untuk selalu berinovasi.

"Kamu sudah melaksanakan digital office sampai ke tingkat desa. Untuk sertifikat elektronik meraih juara pertama. SAKIP Desa dan aplikasinya mampu mengantarkan Kabupaten Sumedang sebagai Top 10 dan Top 32 dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2020. Ini harus jadi pelecut semangat semua kalangan birokrasi dan tentunya masyarakat," kata Herman.
Terkait pelaksanaan SAKIP yang dilaksanakan di Kecamatan Wado kegiatan pembinaan dilaksanakan di Aula Kecamatan Wado dan Kecamatan Jatigede dilaksanakan di Rest Area Panineungan Desa Mekarasih Jalan Lingkar Timur.
Dalam paparannya, Sekda menyebutkan, adanya pemerintah daerah adalah untuk mensejahterakan masyarakat.
Kata dia, tugas pemerintahan ialah menurunkan angka kemiskinan, menurunkan stunting dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Tentunya semua itu harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.
Sekda menambahkan, pembangunan adalah proses untuk memperbaiki pemerintahan ke depan dan Reformasi Birokrasi (RB) merupakan satu tatanan untuk merubah pemerintahan.
"Tujuannya untuk menjadikan pemerintahan yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien serta memberikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas melalui delapan area perubahan RB," imbuhnya.
Ditambahkan Sekda, RB meliputi Manajemen Pemerintahan, Tata laksana, Kelembagaan, SDM Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas kinerja, Perundang-undangan dan Pelayanan Publik.
Sekda pun optimis nilai SAKIP di Tahun 2021 akan memperoleh nilai A dan ini tentunya merupakan hasil kerja sama dari semua pihak.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)