Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS -  Inspektorat Daerah Kabupaten Sumedang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek)  Peningkatan SPIP Terintegrasi dan Penyusunan Risk Register Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2023 di Aula Tampomas, Kamis (2/2/2023). Bimtek digelar untuk memberikan pemahaman  Penilaian Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terintegrasi. SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien. 

Bimtek dilaksanakan selama dua hari, 2-3 Februari 2023 dibuka akil Bupati  Erwan Setiawan dan diikuti oleh seluruh Sekretaris Perangkat Daerah, Kasubbag Program dan pejabat fungsional tertentu serta jajaran Inspektorat Daerah Kabupaten Sumedang.

Inspektur Daerah Nasam mengatakan, Bimtek tersebut merupakan agenda yang sangat penting terutama dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. "Bimtek ini menjadi  tools yang mampu mengantarkan Pemerintah Daerah dalam mencapai tujuan, salah satunya menurunkan kemiskinan dan tentu ini menjadi skala prioritas yang harus kita lakukan," jelasnya.

Dikatakan Nasam, di akhir masa jabatan bupati dan wabup tentunya jajaran pemerintah daerah tidak berleha-leha. “Pak bupati dan wakil bupati meminta kami untuk mengakselerasi tahun terakhir Sumedang Simpati agar bisa terwujud dan terlampaui,” ujarnya.

Wabup Erwan Setiawan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Inspektorat tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas menuju Sumedang lebih baik. "Sesuai tujuannya, Bimtek ini diharapkan memberikan pemahaman kepada para peserta tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Kabupaten Sumedang tahun 2023," ujarnya.

Wabup menyebutkan, penyelenggaraan SPIP terintegrasi dan penyusunan Risk Register merupakan langkah awal dalam penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efesien. "Sehingga diharapkan keberadaan pemerintah mampu memberikan pelayanan secara lebih baik, bersih dan bertanggung jawab," jelasnya.

Kegiatan Bimtek juga, ditambahkan Wabup, untuk menyeragamkan pemahaman dan tindakan dalam peningkatkan penyelenggaraan SPIP Terintegrasi dan penyusunan Risk Register Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. "Oleh karena itu, saya harap kegiatan ini dapat menciptakan efektivitas dan efesiensi pelaksanaan program kegiatan yang berdampak untuk mebangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)