KOTA - Kebakaran hutan dan lahan menjadi angka tertinggi angka kejadian bencana di Kabupaten Sumedang selama tahun 2019. Kebakaran hutan/lahan mencapai 91 kali. "Dari 9 jenis kejadian bencana di Sumedang ternyata memang kebakaran hutan/lahan yang tinggi. Kami sudah data hingga 91 kejadian sampai akhir Desember 2019," ujar Kepala BPBD Sumedang, Ayi Rusmana, Minggu (5/1/2020).

Ayi menyebutkan pihaknya audah merilis data secara kesuluruhan kejadian bencana selama 2019 di Labupaten Sumedang dengan jumlah total kejadian bencana sebanyak 326 kejadian bencana.  "Total kejadian bencana ini hasil data yang kami peroleh di seluruh wilayah Sumedang," katanya.

Adapun data kejadian bencana yang terjadi sepanjang 2019 antara lain, pergerakan tanah 3 kali kejadian,  puting beliung 13 kejadian,  banjir 36 kejadian. Kemudian bencana banjir bandang terjadi 1 kali,  longsor 76 kali kejadian.

Selanjutnya kejadian pohon tumbang 13 kejadian, kebakaran rumah 69 kejadian dan musibah 24 kali kejadian. "Kami sudah melakukan pelayanan yang optimal atas pengendalian dan penanggulangan bencana di Sumedang," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)