DISBUDPARPORA - Pemkab Sumedang berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata di Sumedang, pasca liburan tahun baru 2021. Salah satu caranya yakni dengan melakukan promosi selama sepekan ini. "Untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan kami terus melakukan promosi selama week day sepekan ini, termasuk menyebarkan informasi bahwa semua obyek wisata telah dibuka," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa, Selasa (5/1/2021).

Hari mengakui, pasca ditutupnya objek wisata selama libur tahun baru, obyek wisata di Sumedang belum mengalami peningkatan jumlah pengunjung pada hari ke-2, Selasa ini. "Sekarang saya juga membawa Bunga Ehan yang dulu menjadi duta Sosmed untuk melakukan promosi. Alhamdulillah sudah ada 14 ribu yang nonton di Sosmed-nya," ucapnya.

Kadis menuturkan, setelah dua hari dibuka, tingkat kunjungan wisatawan ke Sumedang hanya 10 hingga 20 persen saja. "Kemarin (hari pertama buka) rata-rata 200 orang pengunjung, jadi tingkat kunjungannya baru 10 hingga 20 persen," ujarnya.

Menurutnya, tingkat kunjungan wisatawan belum mengalami peningkatan, karena obyek wisata di Sumedang dibuka tepat saat week day atau hari kerja. "Tapi masih ada saja yang datang, karena ini kan (dibuka) saat hari kerja. Mudah-mudahan pada Sabtu-Minggu tingkat kunjungan lebih banyak," kata Hari.

Ia mengatakan, nanti saat tingkat kunjungan wisatawan kembali meningkat, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan, supaya pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pemantauan prokes dilakukan karena angka kasus Covid-19 di Sumedang belum terkendali. "Pemantauan kami lakukan karena kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang tergolong masih cukup tinggi, sehingga harus ada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di semua obyek wisata. Karena tren kenaikan (kasus positif) masih terjadi," kata Hari. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)