JATINUNGGAL - Sembilan bangunan rumah warga di tempat relokasi orang terkena dampak (OTD) Bendungan Jatigede, di Kampung Cipondoh Dusun Sukamulya Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal terancam ambruk.

Petugas BPBD Kabupaten Sumedang, Dede Fadilah menuturkan, rumah warga terancam ambruk akibat pergeseran tanah di wilayah tersebut.  "Akibat hujan terus-terusan terjadi retakan pada tanah. Sampai Jumat (6/3/2020) kemarin akhirnya retakan makin parah, sampai merusak bangunan rumah warga," kata Dede, Sabtu (7/3/2020).

Dari sembilan rumah tersebut, kata Dede, terdapat 26 jiwa.  "Kami sudah lakukan asesment ke lokasi, hasilnya diperlukan upaya sesegera mungkin untuk mencegah jatuhnya korban manusia," ucapnya.

Pihaknya, kata Dede, juga sudah melakukan sosialisasi kepada warga yang rumahnya terancam, agar selalu waspada dan berhati hati. Mengingat intesitas curah hujan yang tidak menentu, dikhawatirkan rumah ambruk.  "Kami juga himbau agar pemilik rumah mengungsi ke rumah sanak saudara manakala terjadi hujan lebat," ujarnya.

Lebih jauhnya, kata Dede Satgas BPBD Kabupaten Sumedang sudah melaksanakan koordinasi dengan aparat desa, untuk mendirikan tenda untuk warganya yang rumahnya terancam ambruk. "Rencananya besok (Minggu, 8/3/2020) akan mendirikan tenda untuk tempat pengungsian warga yang rumahnya terancam," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)