JATINANGOR – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Harian Umum Pikiran Rakyat (PR) menggelar  Seminar Nasional Peningkatan Kapasitas Manajerial Kepala Sekolah. Seminar dengan tema "Menuju Pendidikan berkualitas untuk mewujudkan Sumedang Simpati 2023" diikuti kepala sekolah mulai dari tingkat TK sampai SMP digelar di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Rabu (26/2/2020).

Seminar dibuka Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir yang didampingi Sekretaris  Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman.

Kepala Disdik Agus Wahidin  mengatakan, seminar  terlaksana berkat kerja sama antara Disdik dengan  HU Pikiran Rakyat serta didukung oleh Pegadaian, Bank bjb, dan RSUD Sumedang. "Seminar untuk meningkatkan kapasitas menajerial Kepala Sekolah dengan 700 peserta yaitu Kepala SD, Kepala SMP  dan sebagian Kepala Kelompok Bermain dan TK," kata Agus.

Kepala sekolah sebagai puncak tertinggi dalam pengelolaan sekolah diharapkan dapat membentuk SDM yang berkualitas baik secara keilmuan dan budi pekerti. Lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumedang seluruhnya berjumlah 1.705 lembaga  meliputi 925 PAUD termasuk di dalamnya ada TK dan Kober, 602 SD, 119 SMP, dan 59 program kesataraan.  "Oleh sebab itu, yang hadir di kesempatan ini kurang lebih 45 persen dari total kepala lembaga atau satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Ia berharap seminar tersebut  menjadi tonggak sejarah kebangkitan pendidikan di  Sumedang karena merupakan kesempatan langka menghadirkan begitu banyak kepala sekolah dalam satu ruangan.  "Ini ikhtiar untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Sumedang di masa sekarang dan yang akan datang," ujarnya.

Direktur Bisnis PT Pikiran Rakyat Bandung Januar P Ruswita  mengatakan, kerja sama tersebut adalah salah satu bentuk dari apa yang lebih dikenal dengan Pentahelix. "Di dalamnya ada pemerintahan, para pengusaha, akademisi, komunitas, dan media. Di situlah Pikiran Rakyat sekarang memberikan peranan bersama-sama stakeholder lainnya untuk mengadakan suatu kegiatan seperti sekarang ini," tuturnya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam arahannya mengapresiasi  setinggi-tingginya atas Seminar Nasional.  "Terima kasih Pak kadis dan jajarannya. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat, makna dan dampak yang baik dengan meningkatnya kapasitas  kepala sekolah," katanya.

Menurutnya, ketika kapasitas kepala sekolah sudah meningkat, maka akan berdampak kepada meningkatnya kualitas pendidikan di Kabupaten Sumedang. Oleh karena itu, semua peserta diminta bersungguh-sungguh mengikuti seminar.  "Kegiatan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh karena  memberikan dampak positif. Pasti ada sesuatu yang baru yang didapatkan sebagai bekal untuk dipraktikkan  dalam menjalankan tugas- tugas kita," tuturnya.

Permasalahan Kabupaten Sumedang berkaitan dengan pendidikan, lanjut bupati, adalah rata- rata lama sekolah yang baru mencapai 8.02 tahun.  "Berarti orang Sumedang rata-rata yang usia hanya sampai kelas 2 SMP," ujarnya.

Ia meminta seluruh lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumedang turut membantu pemerintah agar warga Sumedang bisa lebih lama usia sekolahnya.

Dilakukan penandatanganan MoU di bidang pendidikan antara Pemerintah  Kabupaten Sumedang dengan PT. Pegadaian Persero, dan dengan PT Pikiran Rakyat. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Bantuan dari Pegadaian untuk renovasi SD Sukamulya Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara sebesar Rp 20 juta. (hms/vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)