Semua Puskesmas Ada Tenaga Surveilans


Baca juga : Semua Puskesmas Ada Tenaga Surveilans
10 Puskesmas Kembali Diakreditasi


DINKES - Semua Puskesmas di Kabupaten Sumedang saat ini telah dilengkapi dengan tenaga surveilans. Sehingga hal ini memudahkan bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang untuk mengetahui perkembangan penyakit yang terjadi.

Menurut Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes dr Reny K Anton tenga surveilens ini tugasnya adalah mengamati dan mengumpulkan data terkait penyakit yang ada di wilayah kerjanya.  "Setiap seminggu sekali,  tepatnya setiap hari selasa mereka diwajibkan melaporkan hasil pengamatannya," kata Reny Senin (3/2/2020).

Ditambahkannya, dengan adanya laporan yang masuk secara kontinyu dari setiap puskesmas maka dipastikan datapun akan akurat dan memudahkan pihak Dinkes untuk mengambil tindakan. "Adanya tenaga surveilans ini memang sangat membantu kami dalam hal data penyakit yang sedang berkembang," tambahnya.

Sebagai gambaran, lanjut Reny, kenapa penemuan kasus DBD pada tahun 2019 meningkat secara signifikan karena salah satunya adalah sistem pelaporan dari setiap puskesmas yang sudah baik. Dengan jumlah kasus yang sedikit itu bukan berarti bagus, justru mungkin saja karena sistem pelaporannya yang jelek.

"Dengan adanya tenaga surveilans ini akan memudahkan kami dalam melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan atas kasus penyakit yang terjadi," katanya. (end)


Surveilans, Puskesmas

Berita Terkait