Seniman Jatinunggal Terus Menggali Budaya


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya


Reporter : N Sutisna  I Editor : Deddi Rustandi

JATINUNGGAL - Para seniman dan budayawan di Jatinunggal terus berlatih dan menggali budaya. Hal itu diungkapkan ketua Sanggar Gema Binangkit (SGB), Juyaman (56), Rabu (30/10/2019).

Menurut Juyaman, tingginya minat seni, membuat SGB tak pernah berhenti beraktifitas, sehingga setiap harinya terisi oleh kegiatan. “Dari hari senin sampai minggu ada jadwal masing-masing, seperti latihan reog, wayang, celempung sampai seni-seni sunda moderen, itu semua diikuti oleh berbagai kalangan, teruatama siswa sekolah dari SD sampai SMA,” katanya.
 
SGB yang pernah mendapat bantuan dari Gubernur Jabar sebagai sanggar paling aktif dan menghasilkan seniman di Sumedang itu, kini memang jadi pusat berkumpulnya seniman di Sumedang Timur, tak heran segudang prestasi sempat diraih, baik ditingkat Sumedang maupun tingkat Jabar.

“Karena kami terbina dan memiliki jiwa seni seutuhnya, jadi tak sia-sia, terakhir kita jadi wakil Sumedang dalam ajang seni budaya di Purwakarta, dengan membawakan seni-seni buhun seperti seni reak, reog dan kesenian lainnya,” kata Juyaman.

Kata Juyaman, keberdaan sangar, memacu seniman bahkan anak-anak sekolah malah lebih giat belajar dan berlatih. "Para seniman malah tambah banyak, dari usia yang tua hingga usia anak-anak," katanya. (nsa)


Sumedang Simpati

Berita Terkait