SUMEDANGKAB.GO.ID, DPKB - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPKB) Kabupaten Sumedang selama bulan September ini diberikan target untuk mendapatkan 950 peserta KB baru dengam Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Menurut Sekretaris DPKB Sumedang Lungsur Junjunan target tersebut diberikan pihak BKKBN Jabar dalam kegiatan Hari Kontrasepsi Se-Dunia.

"September ini diperingati sebagai Hari Kontrasepsi se Dunia dan dalam kaitan ini Sumedang diberikan target sebanyak 950 orang dan target tersebut dibagi lagi untuk 26 kecamatan," jelas Lungsur, Rabu (9/9/2020)

Dikatakan Lungsur untuk mengejar target tersebut pihaknya sejak tanggal 1 September lalu langsung bergerak dan dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan 35 puskesmas yang ada di Sumedang.

Ada dua jenis kontrasepsi yang dilayani berkaitan dengan hari kontrasepsi sedunia selama bulan September ini yaitu IUD dan implan dimana untuk IUD targetnya 712 orang dan Implan 238 orang.

Hingga 7 September 2020, kini sudah terealisasi sebanyak 513 orang atau lebih dari 50%. Sementara untuk beberapa kecamatan targetnya telah  tercapai bahkan ada yang lebih seperti kecamatan Ujungjaya 121%, Jatigede 143%, Tomo 200%.

"Kamipun yakin karena bulan September masih ada sekitar 22 hari kedepan target 950 akseptor baru akan tercapai, bahkan mungkin akan melebhi target," tandas Lungsur.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)