Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DPMD - Sepuluh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Sumedang menjadi pilot project agen pegadaian wilayahnya masing-masing. Sepuluh BUMDes tersebut yakni BUMDes Lumaku Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong, Harta Guna Desa Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya, Salatiga Desa Tomo Kecamatan Tomo, Jayamandiri Desa Pasireungit Kecamatan Paseh, Tirta Mekar Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang, Kerta Raharja Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang. Lalu BUMDes Medal Rahayu Desa Ambit Kecamatan Situraja, Sinarwenang Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal, Mandiri Desa Meulyasari Kecamatan Sumedang Utara, dan Karya Mandiri Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Lili Rahli mengatakan, sebelumnya para pengurus sepuluh BUMDes tersebut telah mengikuti sosialisasi dan aktivasi akun agen pegadaian bagi BUMDes. Kegiatan itu digelar bekerjasama dengan Pegadaian Cabang Sumedang. Setiap BUMDes nantinya akan mendapatkan manfaat berupa revitalisasi, pengembangan, dan peningkatan kapasitas dalam menjalan usaha serta menjadi agen pegadaian. "Jadi kerjasama yang dilakukan dengan Pegadaian Sumedang ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas BUMDes, menambah pendapatan asli desa, serta membantu masyarakat terhindar dari rentenir," Lili, Kamis (21/9/2023).

Pihaknya berharap dari kerjasama ini nanti kesepuluh BUMDes tersebut akan mendapatkan manfaat dari CSR dari Perum Pegadaian. "Paling utama nanti ada pelatihan-pelatihan untuk penilaian nilai barang yang akan dilaksanakan atau yang akan digadaikan ke agen Pegadaian di masing-masing BUMDes," ujarnya.

Pimpinan PT. Pegadaian Cabang Sumedang, Bambang Sutopo mengatakan, pihaknya berharap melalui BUMDes bisa membantu mengembangkan ekonomi masyarakat. "Saat ini baru piloting, dari sekitar 270 BUMDes yang tersebar di Kabupaten Sumedang itu baru 10 yang kami undang di hari ini. Tapi kami targetkan semua BUMDes bisa menjadi agen pegadaian," kata Bambang.

Setelah sosialisasi ini kata Bambang, akan dilakukan evaluasi. Jika program ini berhasil maka agen pegadaian akan pada BUMDes akan diperbanyak. "Karena di sisi lain kami juga mempunyai target bahwa nanti akan diadakan satu desa atau satu agen, itu arah ke depannya. Jadi jika nanti di Kabupaten Sumedang ini ada sekitar 270 desa maka 270 BUMDes itu akan dijadikan agen pemasaran kami," katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)