Penulis: Endan Dodi Kusnaedi | Editor: Vera Suciati 

DISARPUS - Pelajar SDN Parakankondang Kecamatan Jatigede sangat antusias terhadap kegiatan membaca, hal ini terlihat ketika ada mobil perpustakaan keliling (pusling) dari Dinas Arsip dan Perpusatkaan (Diarspus) di sekolah mereka, beberapa hari lalu.

Petugas Layanan Perpusatakaan Sumedang, Wawan Setiawan mengatakan keberadaan pusling memang sangat dinantikan oleh para pelajar.

"Mereka sangat antusias ketika ada mobil pusling datang dan bukan hanya di SDN Parakankondang saja tetapi tempat lain juga sama," terang Wawan, Kamis 25 Mei 2023.

Menurut Wawan, kegiatan pusling sudah menjadi agenda rutin dan terjadwal dari pihak Disarpus Sumedang.  Pusda Sumedang sangat senang bila kehadiran pusling di sekolah mampu dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa untuk meningkatkan minat baca.

"Dari sejak dini mereka dibiasakan untuk membaca agar ketika sudah besar mereka menjadi terbiasa," jelasnya.

Wawan menyebutkan, buku buku yang dibawa pusling tentunya berbeda dengan buku kebanyakan di perpustakaan dimana tampilan luarnya agak beda sehingga bisa lebih menarik bagi pelajar. Buku yang paling banyak dicari siswa adalah buku tentang pantun dan juga dongeng termasuk kisah kisah legenda. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)