GEDUNG NEGARA – Untuk terwujudkan Sumedang kota buludru tidak hanya berupa penataan dan penghijauan, melainkan mengelola masalah sampah.  Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menjelaskan pencapaian target kinerja tahun 2020 dalam program Sumedang kota buludru adalah menargetkan setiap desa memiliki WASADES atau wadah sampah desa sebagai upaya pemerintah dalam penyelesaian masalah sampah.

"Pemerintah Sumedang akan membangun tempat sampah desa sehingga ada penguraian sampah mulai dari rumah, dan dikelola setiap desa masing-masing agar sampah tidak ditumpuk di satu lokasi tanpa penyelesaian," kata Dony. Senin (21/9/2020)

Bupati juga mengatakan program Jumat Bersih (Jumasih) dikatakan maksimal dan memberikan dampak baik terhadap pencegahan penyakit serta kebersihan lingkungan yang dilakukan serentak di Sumedang. "Kegiatan Jumat Bersih yang dilakukan serenrak berdampak kepada kemaksimalan pencegahan penyakit, dan kebersihan lingkungan. Jumat bersih nantinya harus ada fase lanjutan, bukan hanya membersihkan namun memilah sampah dengan menyediakan Wasades, dan setiap desa dapat mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat nantinya," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)