Si Moyan Bersiap Masuk Desa


Baca juga : Si Moyan Bersiap Masuk Desa
Laporkan Jika Ada Pungli ke Saber Pungli


KOTA - Kabar baik bagi masyarakat yang berdomisili di desa-desa yang jauh dari ibukota kecamatan. Pasalnya, sistem mobil pelayanan (Si Moyan)  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang akan melakukan pelayanan ke desa-desa, yang jauh dari ibukota kecamatan.  "Mulai 2020 ini mobil pelayanan akan Disdukcapil akan masuk ke desa-desa. Sasarannya desa-desa yang letaknya jauh dari ibukota kecamatan," ujar Kepala Disdukcapil, Selasa (14/1/2020).

Dikatakan, mulai tahun 2020 ini, total akan ada 3 unit kendaraan mobil pelayanan Disdukcapil. Saat ini, baru 1 mobil yang beroperasi. Dengan langkah tersebut, diharapkan masyarakat akan lebih dimudahkan dalam pelayanan administrasi kependudukan.  "Kami juga ingin mendorong masyarakat agar lebih tertib dalam administrasi kependudukan. Sebab inti dari pelayanan adalah mendekatkan jarak antara pelayanan dengan masyarakat yang dilayani," ujarnya.

Disebutkan, pihaknya akan menggelar launching program tersebut pada Februari nanti. "Februari nanti kita akan launching dengan naman 'Si Moyan Masuk Desa'," katanya lagi. Lebih jauh, Ahmad mengimbau masyarakat yang memerlukan pelayanan adminduk akan agar melakukannya sendiri. Hal ini untuk menghindari terjadinya praktek pungli. "Jangan menugaskan orang lain, nanti pasti diminta bayaran. Lebih baik sendiri saja, sebab kami melakukan pelayanan secara gratis," katanya. (agn)


Si Moyan Disdukcapil, Pelayanan Dokumentasi Kependudukan, Pungli

Berita Terkait