Siap-Siap Muka Air Bendungan Jatigede akan dinormalkan


Baca juga : KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun


SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE  - Muka air Bendungan Jatigede akan dinormalkan di ketinggian 260 mdpl. Akibatnya, banyak warga yang semula memanfaatkan pesisir untuk mendirikan warung dan mengais rezeki dengan berjualan kini harus pindah ke lahan yang lebih atas melebihi ketinggian 260 mdpl.

"Adanya rencana air (bendungan) akan penuh. Kami ya terpaksa pindah ke tanah/lahan lebih atas. Daripada tenggelam, soalnya (muka) air naik terus," ujar salah seorang pemilik warung, Ujang Suyatna di blok Cilembu, Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Sabtu (21/3/2020).

Ujang menyebutkan, warung miliknya kini sudah mulai sejajar dengan muka air. Sebelum memindahkan bangunan warung kata Ujang, dirinya menyiapkan lahan terlebih dahulu yang berada di areal diatas 260 mdpl.

"Kami tetap akan mendirikan warung karena sebagai tempat usaha kami melayani pemancing dan yang berkunjung ke pesisir," kata Ujang

Seperti diketahui Pihak BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) berencana akan melakukan pengisian air bendungan hingga posisi normal pada elevasil 260 mdpl. Kemungkinan tinggi muka air pada posisi itu diprediksi tercapai pada Mei 2020. Sedangkan selama ini, muka air bendungan ini memang belum mencapai normal sesuai perhitungan teknis, sehingga pengisian air bendungan terus menerus dilakukan secara terjadwal hingga Mei 2020 nanti. 

Berdasar informasi dari BBWS per tanggal 21 Maret 2020 pukul 07.00 tinggi muka air berada posisi elevasi 255,11 mdpl.*** (nsa)     


jatigede

Berita Terkait