SUMEDANGKAB.GO.ID, TANJUNGSARI - Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan membuka Sosialisasi Persiapan Pendaftaran dan Seleksi Calon Tenaga Kerja Keluar Negeri (Jepang) Tahun 2019 di Balai Desa Tanjungsari, Selasa (8/10/2019).

Wabup mengatakan, Pemkab Sumedang telah bekerjasama dengan Pemerintah Wakayama Jepang untuk penyiapan dan penempatan tenaga kerja asal Kabupaten Sumedang pada sektor- sektor yang dibutuhkan di Jepang. "Diperlukan adanya skill atau keterampilan, penguasaan bahasa, serta pemahaman budaya setempat," ujarnya.

Wabup mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah memfasilitasi pelatihan kerja melalui lembaga pelatihan kerja milik pemerintah ataupun swasta yang telah terakreditasi. "Untuk mendaptakan calon tenaga kerja yang kompeten, tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adanya sekolah yang dipersiapkan untuk mencetak tenaga kerja," ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi yang ingin bekerja ke luar negeri, pihak sekolah dapat membantu mempersiapkan siswa kelas XII sebagai calon pekerja ke luar negeri dengan memberikan tambahan pelajaran bahasa asing sesuai arah minat negara tujuan bekerja.

"Saya harap akan membantu serapan lulusan SMA/SMK/ MA yang pada akhirnya akan berdampak pada pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran yang menjadi target indikantor kinerja utama pemerintah Kabupaten Sumedang" ujarnya

Sosialisasi yang diinisiasi oleh Dinaskertrans tersebut diikuti Camat Tanjungsari, Camat Sukasari, Camat Pamulihan, Camat Cimanggung,  Camat Jatinangor, para kepala desa di lima kecamatan, dan para kepala sekolah SMA dan sederajat. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)