Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati

RANCAMULYA - Puluhan siswa tingkat SMP mengikuti kegiatan Agent of Peace (AOP) Summit 2022, yang digelar di Internasional Green School, Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara. Kegiatan ini digelar oleh Peace Generation Indonesia, selama tiga hari, mulai Jumat (9/9/2022) hingga Minggu (11/9/2022).

Panitia penyelenggara AOP Summit 2022, Miftahul Huda menuturkan, dalam kegiatan tersebut, para peserta diajak untuk menjadi agen perdamaian sejak dini. Adapun tujuan diadakannya AOP Summit 2022 ini, untuk mengumpulkan agen perdamaian dari seluruh penjuru Indonesia yang sudah melakukan kerja nyata dalam bidang perdamian dan lingkungan. "Selain dari Sumedang, para peserta kegiatan ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Mereka diajak berkemah, menanam pohon dan bertukar pikiran antara murid dengan guru," ujarnya.

Kegiatan ini, kata Huda, diadakan untuk menjaga toleransi dan perdamaian di lingkungan kota/kabupaten, atau lingkungan sekitar peserta. Peserta yang mengikuti AOP Summit terdiri dari siswa SMP dan Guru dari lintas agama. "Kami selama tiga hari di Sumedang. Teman-teman dari Agent Off Peace baik junior (siswa SMP) maupun edukator (guru) melakukan persentasi apa yang sudah kerjakan dalam gerakan perdamaian melalui presentasi," katanya.

Adapun, kata dia, latar belakang digelarnya program ini, adalah dalam rangka merespon atau menjawab salah satu dari tiga dosa besar dalam dunia pendidikan, yaitu adanya perundungan, tindakan toleransi dan kekerasan sexsual yang terjadi di lingkungan. Dalam kegiatan ini juga, kata Huda, para peserta berkemah bersama, menanam pohon, bercerita dialam terbuka untuk lebih mendekatkan satu sama lain dalam bersosialisasi, serta meningkatkan sikap toleransi antar peserta. "Nah tadi kami juga melakukan penanaman pohon sebanyak 100 pohon di bumi perkemahan Sumedang. Dengan tujuan kita sebagai mahluk yang hidup, dibumi kita juga perlu merawat bumi dan menjaga alam," ujarnya. 

(penerbit: sumedangkab.go.id)