Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

PPS- Sofia Sahla pelajar kelas X MIPA 11 SMA Negeri Situraja yang menjadi anggota Paskibraka Nasional dilepas Pj Sekda Tuti Ruswati untuk menjalan pemusatan pendidikan dan pelatihan. Pelajar asal Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu menjadi lulusan terbaik Paskibraka putri Provinsi Jawa Barat 2024 dan terpilih menjadi Paskibraka Nasional yang mengibarkan bendera pusaka pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024. "Alhamdulillah setelah 23 tahun Kabupaten Sumedang akhirnya pecah telor bisa mengirimkan kembali anggota Paskibraka tingkat Nasional,” kata Pj Sekda Tuti saat melepas Sofia di Pusat Pemerintahan Sumedang, Jumat (12/7/2024).

Tuti mendoakan Sofia diberikan kelancaran dalam menjalankan tugasnya sebagai Paskibraka Nasional dan memberikan yang terbaik bagi bangsa, dan mampu mengharumkan nama Sumedang di kancah Nasional. "Mudah-mudahan Sofia ini bisa menginspirasi semuanya agar memotivasi anak-anak yang lain bisa berprestasi seperti Sofia," kata Tuti.

Sementara itu,  Sofia menyebutkan dirinya merasa bangga bisa menjadi bagian dari calon Paskibraka Tingkat Nasional tahun 2024. "Tentunya saya sangat senang sekali terpilih menjadi Paskibrakan Nasional. Apa yang saya dapatkan hari ini tidak terlepas dari doa terbaik dari kedua orang tua saya dan doa dari keluarga, teman dan masyarakat Kabupaten Sumedang,"ujarnya.

Sofia juga meminta kepada masyarakat Sumedang, agar dirinya diberikan kelancaran, kemudahan, dan kesehatan dalam menjalankan tugasnya sebagai Paskibraka Nasional. Sofi panggilan akrabnya menjadi  lulusan terbaik setelah menjalani  seleksi yang cukup ketat di  tingkat Provinsi Jawa Barat sebagai wakil dari Sumedang. Ia berhak ikut seleksi dan lulus menjadi Paskibraka tingkat nasional yang akan mengibarkan bendera pusaka pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)