DPMD – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tumbuh subur di Sumedang. Sampai saat ini tercatat sudah ada  258 BUMDes terbentuk di 258 desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang saat ini terus berupaya agar 270 Desa yang ada di Sumedang seluruhnya memiliki Bumdes.

"Kami akan terus berupaya agar seluruh Desa di Kabupaten Sumedang memiliki Bumdes untuk meningkatkan perekonomian Desa," kata Kabid Pemberdayaan Ekonomi DPMD, Khaidir Gumelar Minggu (5/1/2020).

Diakui Khaidir,  saat ini ada enam desa lagi menyatakan siap membentuk BUMDes sehingga dengan demikian praktis hanya tinggal enam desa lagi yang belum terbentuk. “Berdasarkan pengakuan dari Desa yang BUMDes belum terbentuk karena faktor SDM menjadi kendala,” katanya. 

Namun demikian, lanjut dia, itu bukan alasan yang prinsif. “Mengingat yang terpenting adalah adanya keinginan dari desa tersebut membentuk BUMDes yang dapat membantu meningkatlan pendapatan desa,” katanya.

Untuk terbentuknya BUMDes di setiap desa, DPMD tak segan-segan turun terjun untuk memberikan motivasi dan tambahan wawasan.   "Kami menginginkan setiap desa memiliki BUMDes untuk membantu meningkatkan pendapatan desa yang akan berdampak pada meningkatnya kesejahtraan masyarakat," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)