Sukatali Gelar 'Ngarumat Jagat' Pertama Kali


Baca juga : Seniman Situraja Ciptakan Lagu Tentang Sawo Sukatali
Sukatali Gelar 'Ngarumat Jagat' Pertama Kali


SITURAJA - Desa Sukatali Kecamatan Situaraja menggelar upacara Ngarumat Jagat,  Milangkala ke-224 Desa Sukatali Lapang Tanjung Manunggal V Sukatali, Rabu (20/11/2019). 

Ketua Panitia Ngarumat Jagat, Ading Suherlan menuturkan, kegiatan tersebut menjadi momentum bersejarah Desa Sukatali selama 224 tahun keberadaannya. "Dengan adanya moment ngarumat jagat, maka secara tidak langsung masyarakat Desa Sukatali sudah mempertahankaan dan melestarikan seni dan budaya tradisional," ujarnya.

Menurutnya, budaya yang dimiliki harus dijaga secara bersama-sama. "Budaya kita, ya harus kita yang menjaganya. Mudah-mudahan moment ini bisa jadi moment tahunan," katanya.

Camat Situraja, Sutisna mengatakan, pihaknya saat ini intens untuk memperhatikan kearifan lokal yang tumbuh dari masyarakat untuk diberikan peluang dan dikembangkan lebih maju. “Kearifan lokal salahsatu visi kami sebagai pengungkit untuk memajukan Sumedang, memperhatikan kearifan lokal yang tumbuh dari masyarakat tentunya harus kita jaga, berikan peluang dan kembangkan,”katanya. 

Ngarumat Jagat,  berkaitan dengan kelestarian alam, sehingga dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dipandangnya memiliki nilai positif yang besar tersebut. "Kegiatan Ini berdampak pada kebersamaan warga desanya, dan berdampak pada bagaimana untuk menjaga alam ini," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut juga digelar bakti sosial perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), yang sumber dananya dari swadaya maayarakat. Kegiatan tersebut juga juga mendapat penghargaan dari Yayasan Karaton Sumedang Larang. (agn)


Sukatali, Ngarumat Jagat

Berita Terkait