SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistika (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang menerima kunjungan kerja Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya. Kepala Bidang Informatika Mamat Rohmat menyampaikan kunjungan dari Kabupaten Tasikmalaya adalah untuk belajar dan Study tiru mengenai aplikasi e-Office.
"Kunjungan dari Kabupaten Tasikmalaya tujuannya untuk belajar dan study tiru mengenai aplikasi e-office terutama dalam pengarsipan surat karena Kabupaten Sumedang sudah berbasis elektronik," kata Mamat, Jumat (18/12/2020).
Mamat menyampaikan pengaplikasian e-Office bukan hanya mengefisiensikan waktu namun juga anggaran, serta dapat meningkatkan kemampuan ASN dalam pemanfaatan bidang teknologi.
Kabupaten Sumedang telah berkomitmen memberikan dan menjadi percontohan dalam penggunaan aplikasi e-Office. Mamat menuturkan bagi Kabupaten/Kota manapun yang ingin menerapkan e-Office di Kotanya akan diberikan dengan syarat menjalin kerjasama antara pimpinan daerah terlebih dahulu.
"Kabupaten lainnya yang telah bekerjasama dengan Kabupaten Sumedang untuk menggunakan e-office di kabupatennya namun sebelumnya kabupaten yang akan menggunakan e-office menjalin kerjasama antara pemerintah daerah," ujarnya.
Kerja sama yang dijalin, menurut Mamat suatu komitmen yang tertulis agar e-Office tidak diperjual belikan dan dapat digunakan sebagai mestinya. 
"Agar aplikasi e-Office tidak diperjualbelikan Kabupaten yang dan dapat menjadi jaminan aplikasi digunakan sebagaimana mestinya," tambahnya.
Penerapan e-Office bebas untuk dikembangkan agar menjadi evaluasi bagi pemerintah Kabupaten Sumedang,  seperti yang dijelaskan Mamat.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)