Sumedang Mampu Gelar Even Internasional


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya
Atraksi Helikopter Memukau di Pembukaan Kejuaraan Dunia Paralayang
Sumedang Mampu Gelar Even Internasional


Reporter : Na Sutisna  I Editor : De Rustandi

KOTA - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menyebutkan Sumedang telah menyejajarkan diri menjadi level kelas dunia dalam penyelenggaraan olah raga paralayang dengan digelarnya West Java Paraglaiding World Cup Championship (PWC) 2019.

Herman mengatakan, masyarakat Sumedang harus terpacu untuk maju. Salah satunya dengan menyukseskan event internasional seperti PWC. "Ini world class (kelas dunia), kita sudah maju, level Sumedang sudah mendunia," ujar Herman yang juga ketua penyelenggara kejuaraan dunia paralayang ini. 

Untuk menggelar acara event kelas internasional bukan suatu yang mudah. Perlu perjuangan yang gigih dan waktu yang panjang.  Ia juga menyebutkan, perlu relasi dan jaringan yang luas untuk mendatangkan para atlet kelas internasional. "Kita sudah mampu, ini Sumedang. Mari sama sama bangun," katanya.

Herman juga bangga, pada pembukaan even tersebut bisa menampilkan sejumlah penampilan seni dan budaya tradisional yang langsung mendapat apresiasi dari pejabat kementerian, pejabat Pemprov Jabar dan terutama dari para atlet luar negeri.  "Salah satu seni tradisional yang kolosal dan mendapat sorotan adalah tari umbul," katanya.

Tari umbul ini, dipentaskan oleh 500 lebih penari dari wilayah Sumedang.  "Tari umbul saat menghibur para tamu dari luar negeri. Inilah  satu aset yang bisa kita jual dalam mewujudkan Sumedang kota parawisata," katanya lagi.

Lebih jauh Herman menyebutkan, setelah sukses menggelar West Java Pargaliding World Championship bukan tak mungkin pemerintah daerah akan menggelar even bertaraf internasional lainnya. []


Sumedang Simpati, Paralayang, Paragliding, West Java

Berita Terkait