Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

SURABAYA - Kabupaten Sumedang meraih dua penghargaan tingkat nasional pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024 yang digelar di Surabaya, Kamis (25/4), Kedua penghargaan tersebut yaitu Peringkat ke-4 Penyelenggara Pemerintahan Terbaik hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri dan Satyalancana Karya Praja Nugraha dari Presiden RI untuk Bupati Sumedang periode 2018-2023 Dony Ahmad Munir.

Keduanya diberikan pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Surabaya yang dihadiri langsung oleh Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli. Berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.7-6646 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Secara Nasional Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sumedang  Tahun 2023 mencapai skor 3,53 atau menempati Peringkat Ke-5 dari 416 kabupaten se-Indonesia.

Pj Bupati Yudia Ramli  menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sumedang atas diraihnya prestasi tersebut. Yudia mengatakan, Pemkab Sumedang berkomitmen untuk terus memperbaiki penyelenggaraan pemerintahan daerah agar semakin baik ke depannya.

Prestasi tersebut menurutnya sebagai bentuk keberhasilan Sumedang yang fokus pada penurunan angka kemiskinan ekstrem, stunting dan pengangguran. Sementara itu, Satya Lancana Karya Praja Nugraha diberikan kepada Bupati Sumedang periode 2018-2023 H. Dony Ahmad Munir atas jasa besar atau prestasi kinerjanya yang sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Penganugerahan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Penerimaan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)