JAKARTA –  Kabupaten Sumedang meraih penghargaan Pemerintah Daerah Sangat Inovatif berdasarkan indeks inovasi daerah pada acara penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 yang digelar Kemendagri di Jakarta, Jumat (18/12/2020). Kemendagri memberikan penghargaan terhadap langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendorong reformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri Agus Fatoni kepada Sekretaris Bapppeda Kabupaten Sumedang Sajidin. 

Menurut Agus Fatoni Penganugerahan tersebut merupakan apresiasi Kemendagri terhadap  semangat, daya, upaya dan keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan cara yang inovatif berdasarkan pada Indeks Inovasi Daerah Tahun 2020.

Ditambahkannya Kemendagri memberikan penghargaan terhadap langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan tujuan mendorong reformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui ajang Innovative Government Award (IGA).

Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap penerapan inovasi daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat khusus dalam rangka penilaian Indeks Inovasi Daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak. Di Kabupaten Sumedang sendiri, input data penerapan inovasi dilakukan oleh setiap Perangkat Daerah.

Bupati Dony Ahmad Munir menyebutkan dengan diraihnya IGA dapat semakin memotivasi Pemda Kabupaten Sumedang untuk dapat terus berinovasi dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Terima kasih untuk semua aparatur pemerintahan dan masyarakat Sumedang,” kata bupati. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)