Penulis : Puji Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

JAKARTA - Pemda Kabupaten Sumedang meraih Anugerah Merdeka Belajar Bagi Pemerintah Daerah Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) di JCC Plenary Hall Jakarta Convention Centre DKI Jakarta, Jumat (5/7/2024). Sumedang berhasil meraih dua kategori penghargaan sekaligus, yakni penghargaan Transformasi Pembelajaran dan Program Indonesia Pintar (PIP)

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan, Pemkab Sumedang bangga atas diraihnya penghargaan tersebut. "Kami merasa bangga dan bersemangat atas diraihnya penghargaan ini. Tentunya ini akan menjadi motivasi bagi kami Pemda Sumedang khususnya Dinas Pendidikan untuk terus mengimplementasikan merdeka belajar di Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Yudia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan atas perjuangan yang telah diraih sampai dengan saat ini. "Saya mengucapkan terima kasih atas perjuangan semuanya, terutama kepada Kepala Dinas Pendidikan. Keberhasilan ini adalah hasil kerja bersama dengan seluruh Kepala Sekolah dari mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan kelompok-kelompok belajar yang ada di Kabupaten Sumedang, sehingga pada akhirnya kita berhasil meraih anugerah ini," ucapnya.

Pemda Kabupaten Sumedang telah berkomitmen dengan seluruh jajaran Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, masyarakat Kabupaten Sumedang dan insan-insan yang ingin memajukan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas di  Sumedang. "Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 ini," tuturnya.

Anugerah Merdeka Belajar digelar untuk menghargai kinerja pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah bergotong royong dengan pemerintah pusat untuk melaksanakan berbagai kebijakan strategis pendidikan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga sekarang. Enam kategori penghargaan yang akan diberikan kepada pemda yaitu transformasi pembelajaran, transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan, transformasi pengelolaan pendidikan, transformasi anggaran pendidikan, transformasi pendidikan vokasi, dan Program Indonesia Pintar (PIP).

(penerbit: sumedangkab.go.id)