KOTA - Kabupaten Sumedang menjadi daerah terbaik di Jawa Barat dalam pencatatan penerima bantuan terdampak Covid-19 bagi masyarakat kategori Non-DTKS. “Keakuratan data non-DTKS mencapai 98 persen, “ kata Kepala Bappeda yang juga Seksi Perencanaan Data dan Litbang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,  Tuti Ruswati, Rabu (6/5/2020).

Tuti menyampaikan, dalam hasil evaluasi keakuratan data masih ada 2 persen yang perlu terus diperbaiki. Salah satunya masih banyak data factual ganda. Data ganda yang dimaksud adalah satu keluarga yang mendapat dua bantuan. "Masih banyak data yang ganda faktual, maksudnya data yang tercatat di sistem Dinsos ada pasangan suami istri yang mendapat bantuan, " katanya.

Pemkab Sumedang akan terus melakukan update data agar sistem yang dibuat menghasilkan data yang mutakhir. Bagi masyarakat yang belum terdata dapat melaporkan diri ke aduan 119. "Bisa menghubungi layanan 119 untuk bantuan Bansos, yang nantinya tim akan melakukan on the spot memastikan kelayanan penerima bantuan," ujarnya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)