SUNDAMEKAR - Pemerintah Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu berencana membangun gapura di perbatasan dengan Desa Situmekar. Pembangunan gapura batas desa akan bersumber dari dana desa. "Sudah kami anggarkan dana desa tahun ini untuk membangun gapura selamat datang di perbatasan dengan Desa Situmekar," kata Sekretaris Desa Sundamekar, Rohendi, Kamis (27/2/2020).

Gapura perbatasan, kata dia, nantinya akan bertuliskan identitas Desa Sundamekar sebagai pusat pengrajin wide/tirai bambu di Kabupaten Sumedang. "Kurang lebih tulisannya 'Selamat Datang di Desa Sundamekar, Kampung Wide'. Selain itu juga akan kita tambahkan ornamen-ornamen agar terlihat lebih menarik," katanya.

Dikatakan, pembuatan gapura selamat datang, selain menandai wilayah desa, juga ingin menegaskan bahwa Desa Sundamekar sebagai Kampung Wide. Sebelumnya, kata dia, Desa Sundamekar dicanangkan sebagai Kampung Wide pada Program Inovasi Desa beberapa tahun lalu. "Di Sundamekar mayoritas warganya memang pengrajin wide, jika dipersentase mungkin sekitar 65 persen," ujarnya. (irs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)