CISITU - Pemerintah Desa Ranjeng,  Kecamatan Cisitu melakukan penataan jalan lingkungan pemukiman warga asal genangan Bendungan Jatigede di Dusun Pangjeleran. "Pengerjaan baru sekitar 300 meter akses jalan lingkungan yang ada di Dusun Pangjeleran tersebut  dikerjakan dengan menggunakan dana desa tahap ketiga," ujar Kades Ranjeng,  Cahya Suharto, Kamis (16/1/2020)

Ia menyebutkan, rabat beton yang dikerjakan di akses jalan pemukiman warga asal genangan itu baru terealisasi separuhnya saja. Namun, pihaknya akan memprioritaskan akses jalan tersebut bisa dituntaskan dianggaran berikutnya. Upaya itu agar warga eks genangan yang sudah berdomisili di Ranjeng bisa bangkit secara eknomi.

Dia menilai, dengan adanya akses jalan yang layak di pemukiman itu, warga akan nyaman menggunakan akses jalan tersebut dan lingkungan pun tidak akan terlihat kumuh.  "Awalnya itu kan hanya hamparan batu, jadi saat ini kita tingkatkan kualitasnya jadi rabat beton. Kalau jalannya udah bagus, perekonomian warganya harus meningkat," katanya.

Dia berharap, bagusnya akses jalan tersebut, tentu akan meningkatkan nilai jual tanah di sepanjang akses jalan tersebut. "Biasanya kalau jalannya bagus, akan berdampak bagus pada nilai jual tanah," katanya.

Diharapkan, kedepannya, disepanjang akses jalan tersebut juga bisa dijadikan tempat usaha warga. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)