Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

PAJAGAN - Taman Kincir Angin Bukit Pareugreug, Desa Pajagan Kecamatan Cisitu terus dibenahi supaya pengunjung tidak bosan. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pajagan Tandang, Kompepar, dan pihak investor, selaku pengelola melakukan penataan dan pengembangan tempat wisata baru yang sedang ngehits tersebut. "Tanah desa di sini luasnya sekitar 40 hektare, yang baru tergarap baru sekitar 1 hektare. Jadi kami masih akan melakukan pengembangan lagi kedepannya," kata Sekretaris BUMDes Pajagan Tandang, Toni Laksono, Senin (7/112022).

Tono menggambarkan, saat ini objek wisata Taman Kincir Bukit Pareugreug progresnya baru sekitar 20 persen saja. Saat ini pihaknya sedang menambah beberapa fasilitas lainnya, diantaranya gazebo, taman bermain, agrowisata, dan titik swafoto. "Ini baru sebagian lagi, kami rahasiakan dulu kedepannya akan seperti apa, biar kejutan. Karena tempat wisata kalau gitu-gitu saja pengunjung juga akan bosan, jadi harus selalu ada yang baru" ujarnya.

Kawasan itu juga akan dihijaukan. Penghijauan dilakukan untuk meminimalisir hawa panas, terutama pada siang hari. BUMDes mendapat bantuan 1.000 bibit pohon dari salah satu UNPAD dan juga Perhutani. Sebelumnya, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir juga pernah melakukan penanaman pohon di tempat tersebut. "Alhamdulillah ada bantuan 1.000 pohon, seperti bibit pohon ketapang, pucuk merah, kihujan, tabe buya, pohon jeruk, dan jambu. Ada juga bantuan toren untuk pengairannya. Mudah-mudahan bisa mengurangi hawa panas," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)