Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

MPP - Mal Pelayanan Publik (MPP) Sumedang telah menerapkan layanan digital yang dinamakan Sumedang Public Services Metaverse (Super Meta).
Menurut Kepala Bidang Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumedang, Enang Lukman Hakim, Super Meta merupakan sebuah inovasi layanan publik yang saat ini sedang dikembangkan di Kabupaten Sumedang.

"Super Meta ini dikembangkan berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari pengguna layanan yang mengharapkan adanya terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Dijalankan secara virtual dengan teknologi tiga dimensi (3D) yang memungkinkan masyarakat bisa mengakses berbagai layanan publik secara lebih interaktif, khususnya di MPP," kata Enang, Jumat (21/10/2022).

Adapun, kata Enang, Super Meta ini juga mendapatkan atensi khusus dari Tim Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Ia menggambarkan, Super Meta bisa digunakan untuk layanan administrasi kependudukan, NPWP, dan layanan lainnya yang ada di MPP. "Jadi kalau yang konvensional mereka harus datang ke MPP, mengeluarkan ongkos, belum lagi waktu. Sedangkan kalau via website hanya dua dimensi (2D) dan itu gitu-gitu saja tidak ada sensasinya. Kalau menggunakan Super Meta bisa jalan-jalan dulu seperti di Google Maps, meskipun belum ada dialog atau Avatar (karakter 3D) atau bahkan bisa 24 jam tanpa mengenal waktu," ujarnya.

Meski demikian layanan Super Meta ini tergolong belum sempurna sehingga jika dinilai dari angka satu sampai sepuluh, Super Meta milik MPP Sumedang masih di angka 1. Super Meta, sambung Enang, masih terus dikembangkan. "Sambil berjalan, karena pesan pak bupati jangan menunggu sempurna. Kami perbaiki sambil berjalan, dan bagi masyarakat yang ingin mengakses Super Meta dapat mengakses di supermeta.sumedangkab.go.id dengan koneksi internet baik di smartphone maupun di laptop atau komputer," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)