KOTA - Supporter merupakan elemen penting dalam pertandingan olahraga. Keberadaan supporter bisa mengangkat motivasi atlet yang sedang bertanding. Meski demikan, tak jurang juga supporter melakukan tindakan yang dapat merugikan tim maupun atlet yang didukungnya.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengatakan supporter harus  bisa bermanfaat untuk daerah. Supporter bisa mempromosikan lokasi wisata di Sumedang. "Harus bisa jadi pemandu wisata. Supporter harus tahu objek-objek wisata di Sumedang. Jadi ketika ada teman supporter dari daerah lain yang datang ke Sumedang, tidak bingung mengajak ke tempat wisata, ataupun kuliner," ujarnya.

Menurut wabub, supporter jangan hanya bisa mendukung tim kesayangan saja saat bertanding, namun juga bisa bermanfaat bagi daerah maupun negara. "Jangan hanya terpaku pada olahraga saja, harus bisa juga diberbagai bidang," katanya.

Sumedang akan mengadakan event bertaraf internasional Tour de Jatigede, dan juga arung jeram tingkat provinsi. Diharapkan, keberadaan organisasi supporter di Sumedang mendukung event tersebut. "Apalagi supporter sepakbola kan kenalannya banyak dari daerah lain. Bentuk dukungannya kan bisa mempromosikan event Tour de Jatigede, lalu mendukung para atlet kita agar berprestasi. Kemudian juga mempromosikan tempat-tempat wisata kepada pengunjung," ujarnya. [agn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)