SUMEDANGKAB.GO.ID, SURIAN - Pemerintah Kecamatan Surian bekerjasama dengan unsur Forkopimcam Surian serta seluruh pemerintah tingkat desa di Kecamatan Surian membuat posko mandiri dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Kecamatan Surian. 
Posko mandiri dibuat di wilayah Dusun Songgom Desa Tanjung Kecamatan Surian, tepat di daerah perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sumedang, Subang dan Indramayu.
Menurut Camat Surian Burhanudin, posko mandiri ini dibuat dengan cara swadaya antara Pemerintah Kecamatan Surian, Forkopimcam dan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Surian.
"Meski kami tidak mendapat bagian dari Pemkab Sumedang untuk mendapatkan posko, namun kami bersama Forkopimcam Surian dan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Surian bersemangat untuk mencegah penyebaran virus Corona ke wilayah Kecamatan Surian," jelas Burhanudin Minggu (5/4/2020).
Ditambahkannya posko mandiri sendiri telah dimulai sejak Jumat (3/4) lalu. Rencananya, akan didirikan sampai Selasa (14/4).
Diakuinya posko mandiri ini dijaga oleh berbagai unsur di Kecamatan Surian, antaralain Tim Kesehatan dari Puskesmas Surian, Satpol PP, jajaran Polsek Surian, unsur TNI dari Koramil Pwk Surian dan Pemerintah Desa Tanjung.
Dijelaskan, posko mandiri didirikan untuk menyasar para pemudik yang pulang ke wilayah Surian, terutama yang berasal dari zona merah (Jabodetabek). Selain itu, sasaran lainnya yaitu para pendatang.
"Mereka dicek kesehatan sebelum masuk ke wilayah Kecamatan Surian. Kemudian, bagi pemudik dihimbau untuk melakukan karantina selama 14 hari," katanya.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)