DINSOS P3A – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumedang menggelar sosialisasi sekolah tanggap bencana di SMKN 1 Sumedang, Senin (6/1/2020).

Kepala Dinas P3A Kabupaten Sumedang, Agus Muslim mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan materi pengetahuan dalam upaya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) kepada para siswa. "Kedatangan kami disini untuk memperkenalkan Program Tagana Masuk Sekolah (TMS). Kami melakukan sosialisasi, melakukan mapping jalur evakuasi, dan kebutuhan dalam pengurangan resiko bencana di lingkungan sekolah," katanya, Senin (6/1/2020).

Agus mengatakan, SMKN 1 Sumedang dijadikan model sekolah tanggap bencana bersama Dinas Sosial P3A Sumedang. Sosialisasi yang dilakukan meliputi penggunaan alarm evakuasi, mapping bahan bangunan tua, dan memasang pamplet pengumuman bencana.

"Ada juga pembuatan tanda jalur evakuasi naik turun tangga, pembuatan ruang titik kumpul, perlengkapan vertical rescue, blangkar dan P3K. Kemudian helmet safety, tiang atau tangga evakuasi darurat," katanya.

Agus menjelaskan, TMS merupakan bagian dari upaya program edukasi kesiapsiagaan masyarakat. Tujuannya agar masyarakat dan petugas penanggulangan bencana paham dan siap siaga akan potensi bencana.

Kepala SMKN 1 Sumedang, Dra. Elia Herawati, M.Pd, menyambut baik Program TMS.  Dengan sosialisasi ini, warga sekolah, khususnya para siswa, disiapkan saat terjadi bencana.  "Disini kami kami seluruh warga sekolah diberikan materi pengenalan bencana dan potensinya. Selain itu diajarkan juga tentang evakuasi sederhana dan mandiri yang bisa dilakukan bila terjadi bencana, baik perorangan maupun kelompok," tuturnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)