CIMALAKA - Gunung Tampomas menjulang tinggi sendirian persis di tengah-tengah Kabupaten Sumedang. Gunung tertinggi di Sumedang ini memiliki ketinggian sekitar 1.684 meter di atas permukaan laut.  Gunung  Tampomas  memiliki  luas  kurang  lebih  1.074  hektare dan merupakan kawasan  taman  wisata  alam  berupa  Taman  Wisata  Alam  (TWA)

Gunung Tampomas merupakan gunung yang tergolong ramah untuk pendakian. Jalur yang bisa dilalui aman dengan ketinggian yang sedang cocok menjadi pilihan liburan santai di malam tahun baru. Meski tergolong gunung yang ramah didaki, tetap ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung ini, seperti yang di ungkap Gabungan Karang Taruna Tampomas Boga Carita, Robi Setiawan.

"Gunung Tampomas cocok menjadi pilihan untuk yang baru pertama kali mendaki," katanya.

Untuk sampai di puncak Gunung Tampomas memerlukan waktu 3-4 jam. Waktu paling efektif untuk mendaki adalah sekitar pukul 9-10.   "Umumnya pendaki akan selesai sekitar 3-4 jam. Waktu mendaki sebaiknya pagi hari mulai pukul 9 atau 10. Sampai di puncak  tidak terlalu sore dan bisa mempersiapkan perlengkapan untuk malam hari," katanya.

Tidak hanya memperkirakan waktu sampai puncak, Robi pula menambahkan beberapa peralatan wajib yang perlu dibawa pendaki dan hal apa saja yang tidak boleh dibawa.  "Keperluan pribadi adalah salah satu hal penting yang wajib dibawa, peralatan seperti sleeping bag, matras, tenda, jaket hal utama agar tidak terjadi hipotermia," ujarnya.

Ada beberapa peralatan yang tidak boleh dibawa seperti petasan, mercon bahkan gitar. "Petasan dan mercon akan mengganggu hewan sekitar, sekarang musim kawin babi hutan, mereka tidak akan mengganggu meski mendekat kalo kita tidak membawa hal itu, sebenarnya gitar adalah hal yang dilarang karna menganggu beberapa hewan," katanya. [rtn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)