SUMEDANGKAB.GO.ID - ANGKREK, Dalam rangka mewujudkan Sumedang Agamis Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang telah melaksanakan Taklim Aparatur, taklim kali ini bertema "Hikmah Shalat", dipimpin oleh Kiyai Haji Ahmad Syarif Hidayat, diikuti Kepala Diskominfosanditik (Dr. Iwa Kuswaeri, MM), Sekretaris Diskominfosanditik (Drs. Kemal Idris, M.Ps), Para Pejabat Struktural dan seluruh pegawai Diskominfosanditik serta anak-anak prakerin, bertempat di Aula Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang.
Rabu, (29/01/2020)

Sekretaris Diskominfosanditik menambahkan agar taklim kali ini membahas perihal zakat, karena hasil dari pelantikan Ketua Baznas 2 hari yang lalu membahas tentang kewajiban ASN membayar zakat 2,5% dari Gaji dan TPP.

"aqimus-salata wa atuz-zakata : dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat" (QS. Al-Baqarah [2]: 43). 

Begitu pentingnya zakat, sehingga Islam menjadikannya sebagai salah satu pilar pokok dalam berislam. Setiap umat Islam yang mampu wajib mengeluarkan zakat sebagai bagian dari pelaksanaan rukun Islam yang ketiga. Artinya, dalam urutan rukun Islam, zakat menempati deret rukun setelah shalat, ibadah yang paling ditekankan dalam Islam karena menjadi cermin dari praktik paling konkret penghambaan kepada Tuhan. Hal ini menandakan bahwa shalat sebagai ibadah spesial seorang hamba dengan Allah tapi bisa terlepas dari keharusan untuk peduli pada kondisi masyarakat di sekitarnya. Dengan bahasa lain, umat Islam yang baik adalah mereka yang senantiasa memposisikan secara beriringan antara ibadah individual dan ibadah sosial. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)