Tambah Produksi Gula Merah Dua Kali Lipat


Baca juga : Tambah Produksi Gula Merah Dua Kali Lipat


SUMEDANGKAB, GO.ID, JATINUNGGAL - Menjelang bulan puasa, perajin gula merah di wilayah Jatinunggal meningkatkan produksinya hingga dua kali lipat. Pesanan gula merah memang sudah meningkat sejak sebulan sebelum bulan puasa.

"Permintaan gula merah memang sudah banyak yang pesan dari seminggu lalu. Alhamdulillah sebelumnya kita sudah nyetok. Karena biasanya menjelang puasa pasti banyak yang beli," ujar Yatna salah seorang perajin gula merah di Ciwalur, Banjarsari, Jatinunggal, Senin (20/4/2020).

Menurut Yatna, untuk memenuhi permintaan pembeli, dirinya menambah produksi gula dengan membuat gula setiap harinya. Pada saat menjelang puasa, kata dia, satu keluarga biasanya bisa memproduksi gula merah mencapai 15 kg. Pada hari biasa hanya 5 hingga 7 kg saja.

"Kalau untuk harga ya menyesuaikan saja. Biasanya harga di hari-hari biasa kami menjual Rp. 15 ribu/kg," ucapnya.

Yatna mengakui, banyaknya pemasanan gula mendapatkan pendapatan lebih. Oleh karenanya hingga akhir puasa dipastikan produksi gula merah akan terus  dilakukan oleh perajin.

"Kami lebih rajin lagi menyedap nira, pagi dan sore untuk kesediaan bahan bakunya. Juga menyediakan kayu bakar untuk proses pembuatan gulanya," ucapnya.***


gula merah

Berita Terkait