Tampomas Boga Carita Ajukan SOP Pendakian Gunung Tampomas


Baca juga : Tahun Baru Mendaki Gunung Tampomas
Tampomas Boga Carita Ajukan SOP Pendakian Gunung Tampomas


CIMALAKA - Tampomas Boga Carita atau Karang Taruna Wanci Mekar adalah karang taruna gabungan antara Cibeureum Kulon dan Cibeureum Wetan.

Tampomas boga carita dibuat untuk mengatur standar operasional prosedur (SOP) pendakian Gunung Tampomas. Robi Setiawan dari Tampomas Boga Carita mengatakan SOP  pendakian perlu dimiliki setiap pengurus jalur pendakian agar pendaki tetap aman.  "SOP harus dimiliki oleh setiap penjaga pos pintu masuk jalur pendakian, perlu adanya legalitas juga agar setiap penjaga pos berhak melarang hal-hal yang dilarang untuk setiap pendaki yang datang," katanya.

Robi pula menambahkan legalitas pendakian penting bukan hanya untuk pendapatan penjaga pos nya saja, namun demi keamanan bersama. "Dibentuknya Tampomas Boga Carita ini untuk menjaga keamanan para pendaki, perlu legalitas agar total dalam memberikan arahan untuk para pendaki," katanya.

Jalur normal pendakian Gunung Tampomas ada  Cibeureum Cimalaka , jalur Curug Ciputrawangi, Narimbang, Conggeang dan Padayungan, Padasari Cimalaka.

Kelegalitasan SOP diurus tidak hanya pihak sekitar kaki gunung melainkan bekerja sama dengan Perhutani.  "Kami memahami bahwa SOP sangat penting, sudah berunding dengan pemda dan bekerja sama dengan perhutani, SOP Gunung Tampomas masih dalam tahap pengajuan dan akan segera selesai," katanya. [rtn]


Mendaki, Gunung Tampomas

Berita Terkait