CISARUA - Bencana alam pergerak tanah terjadi di Dusun Cisahang, Desa Cipandawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang. Sebanyak lima rumah  rusak akibat pergerakkan tanah yang terjadi sejak Kamis (6/2/2020). 

Dinding rumah banyak yang retak setelah hujan deras mengguyur kawasan yang berbukit-bukit dan area pesawahan ini. "Pintu masuk ke rumah tak bisa dibuka, macet. Saat dilihat tembok juga retak-retak," kata Maman, salah seorang pemilik rumah.

Warga menyebutkan sebelum terjadi tanah retak-retak sempat teras ada gempa namn skalanya kecil. "Seperti gempa tapi kecil ada getaran. kemudian ada retak-retak di dinding rumah dan juga diluar juga ada retakan tanah," katanya.

Camat Cisarua Agus Sujatmiko mengatakan, bencana pergerakan tanah di wilayahnya menyebabkan lima rumah rusak berat dan puluhan lainnya terancam ambles. Warga yang terdampak bencana tinggal di rumah keluarganya yang lebih aman.  Data dari BPBD Sumedang panjang retakkan mencapai 100 meter dengan lebar sekitar 20 centimeter. [vrs]

(penerbit: sumedangkab.go.id)