Bbb
SUMEDANGKAB.GO, JATIGEDE - Lahan pertanian di Kecamatan Jatigede dinilai potensial untuk ditanami kedelai. Seperti di Desa Cisampih, Jemah, Ciranggem dan Mekarasih petani sempat menanam komoditas kedelai.
Kepala UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Jatigede Cahyadi menyebutkan, kedelai cocok ditanam pada musim kemarau setelah panen tanaman padi. Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang pernah mencanangkan penanaman kedelai di wilayah Jatigede. 
"Di Jatigede setelah panen pada musim kemarau, cocok untuk potensi pengembangan kedelai, media tanam bisa di darat kebun atau sawah. Petani di semua desa (wilayah Jatigede) pernah menanam kedelai dari program dinas pertanian," ujar Cahyadi di Jatigede, Kamis (21/1/2021).
Menurutnya, lahan atau media untuk menanam kedelai sangat terbuka luas. Jika saja setiap desa para petaninya menanam kedelai hingga 10 hektare, maka akan terdapat 110 hektar tanaman kedelai di Jatigede. 
"Petani dari 11 desa di Jatigede sebenarnya bisa memaksakan menanam kedelai selain komoditas yang biasa ditanam petani seperti padi, tembakau dan lainnya. Dan bisa ratusan hektar lahan yang dimanfaatkan untuk tanaman kedelai," tuturnya.
Ia menggambarkan, dalam satu tahun, petani bisa menanam kedelai di waktu tanam ideal, yakni diawal Maret sampai Juni. Pada kurun waktu tersebut biasanya petani telah melaksanakan panen padi.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)