RANCAKALONG - Tarawangsa adalah jenis kesenian masyarakat agraris tradisional di Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Dalam pertunjukannya, kesenian ini memiliki kekhasan dalam hal instrumen musiknya, yaitu menggunakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Dalam rangka terwujudnya Sumedang Puseur Budaya Sunda malam tadi Disparbud Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Disparbudpora Kab. Sumedang menggelar Pementasan Kesenian Tarawangsa di Geo Theater Kecamatan Rancakalong Sumedang. Kamis (12/11/2020)

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Sumedang, Camat Rancakalong, Pjs. Kepala Desa Sukamaju serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan ini Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Provinsi Jawa Barat (H. Iwan Priyatna, SE., M. Kes) mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang yang telah mensuport dalam acara pementasan kesenian tarawangsa di Geo Theater Sumedang, diharapkan melalui pementasan kesenian ini dapat terus melestarikan adat/budaya/kesenian di wilayah Sumedang agar terus terjaga dengan baik. Diharapkan dengan adanya Geo Theater ini baik seni/adat ataupun budaya Sumedang dapat terus terekspose, sehingga kedepan tempat ini dapat di jadikan objek destinasi wisata sebagai tempat pentas seni budaya daerah.

Ditambahkan Kepala Bidang Kebudayaan pada Disparbudpora Kab. Sumedang (Dede Subarna, SE, MM) mengatakan dengan adanya Geo Theater sebagai tempat pementasan kesenian/kebudayaan diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam penggunaannya, dan selau di jaga baik bangunan maupun kebersihannya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)