TANJUNGSARI - Bupati  Dony Ahmad Munir menargetkan tahun 2023 tidak ada lagi rumah tidak layak huni di wilayah Kabupaten Sumedang.  Hal tersebut dikatakan Dony saat soft launching revitalisasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Dusun Sadang Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari, Selasa (26/11/2019).

"Di tahun 2023 nanti kami targetkan semua rumah sudah layak huni. Ini ikhtiar kami untuk mewujudkan Sumedang Simpati, Sumedang yang sejahtera," ujarnya.

Menurutnya, indikator kesejahteraan suatu daerah adalah rumah warga yang layak huni. Tahun 2019 ini, kata bupati, ada sebanyak 1.210 unit rumah tidak layak huni yang diperbaiki. "Tahun depan  target 2.000 unit, setiap tahun progresnya harus meningkat jumlahnya," katanya.

Dikatakan, dana revitalisasi RTLH berasal dari berbagi sumber, diantaranya pemerintah kabupaten, BAZNas kabupaten, pemerintah provinsi, pemerintah pusat, BUMD, BUMN, perusahaan, hingga swadaya masyarakat, serta donatur lainnya. "Program ini tidak akan bisa berjalan jika hanya mengandalkan dari pemerintah saja," katanya.

Bupati berharap dengan program ini bisa meningkatkan rasa empati masyarakat yang sudah mampu, agar menyisihkan sebagian hartanya bagi yang kurang mampu. Ia mengungkapkan, masih ada belasan ribu lagi rumah tidak layak huni di wilayah Sumedang. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)