DISKDIK - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin menyampaikan  harapannya kepada seluruh orang tua menyekolahkan anak-anaknya yang baru lulus SD ke jenjang selanjutnya. Target Disdik adalah semua anak-anak yang baru lulus SD 100% melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kami menghimbau kepada seluruh orang tua, yang anaknya kelas 6 SD untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, yang kami harapkan semua anak 100 persen dapat terdaftar dan melanjutkan baik ke SMP, ataupun madrasah aliyah yang setara lainnya," ujar Agus, Rabu  (24/6/2020)

Menurutnya, orang tua dapat menyiasati ketidakmampuan biaya sekolah dengan memilih sekolah terdekat untuk menghemat pengeluaran biaya harian sang anak. "Jika alasannya kurang mampu, meski sekolah digratiskan pasti biaya harian yang menjadi beban orang tua, hal tersebut dapat disiasati dengan cara mencari sekolah terdekat dengan menerapkan sistem zonasi agar anak mampu melanjutkan sekolahnya," katanya.

Tidak hanya menargetkan 100 persen lulusan SD melanjutkan sekolah, Dinas Pendidikan juga berharap tingkat lanjutan lainnya terus mengalami kenaikan disetiap tahunnya. "Untuk tahun sekarang kami menargetkan yang 100 persen hanya lulusan SD, namun untuk SMP ke SMA setidaknya harus mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)