JATIGEDE - Tinggi muka air waduk (MAW) pada hari ini telah mencapai pada posisi 260 meter di atas permukaan laun (Mdpl).  Pengamatan petugas ukur bendungan, MAW tepat pada posisi 260 mdpl diperkirakan pukul 07.00, Selasa (13/4/2020).

Dengan demikian target pemenuhan volume air waduk yang dicanangkan pihak BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Cimanuk-Cisanggarung sudah tercapai. Sebelumnya pihak BBWS memprediksi MAW akan mencapai pada posisi elevasi 260 mdpl sekitar bulan Mei 2020.  "Benar, muka air hari ini pada posisi normal 260 mdpl. Ya sesuai targetlah," ujar Yuyu Wahyudin, Pelaksana Teknik Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.

Menurutnya,   percepatan naiknya MAW dikarenakan debit air yang masuk dari Sungai Cimanuk, sebagai sungai induk begitu tinggi. Ditambah intensitas hujan di wilayah Jatigede juga cukup tinggi. Setelah MAW mencapai elevasi 260 mdpl, Pihaknya kata Yuyu, akan melakukan pengecekan ke lapangan di seputaran pesisir perairan waduk.  "Kami akan langsung memonitoring kondisi," ucapnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)