SUMEDANGKAB.GO.ID, SURIAN - Pemerintah Desa terus berupaya menata produksi Padi Sindang yang menjadi unggulan di daerahnya. Selain menambah luas lahan padi Sindang untuk menambah hasil produksinya, Pemerintah Desa Suriamukti di Kecamatan Surian juga mempromosikan ke luar kota atau daerah untuk menambah tingkat minat warga terhadap jenis varian padi ini. Menurut Kades Suriamukti, Kecamatan Surian Iwan Suprihatman, langkah ini ditempuh agar para petani tetap memproduksi padi sindang dan meningkatkan hasil produksinya untuk kesejahteraan masyarakat. Diantaranya, dengan mempromosikan Padi Sindang ke wilayah lain selain Subang dan Surian.

"Kedepannya, pengelolaan produksi Padi Sindang sendiri akan melibatkan Bumdes Desa Suriamukti. Karena, modal yang dikelola Bumdes tidak terbatas dan akan membantu para petani di Desa Suriamukti yang berjumlah kurang lebih 200 orang," katanya.

Selain itu, Iwan melanjutkan, dengan hadirnya Dana Desa yang disalurkan ke setiap desa sangat membantu para petani dan warga. Infrastruktur untuk akses pertanian sudah diperbaiki di Desa Suriamukti untuk menggenjot produksi pertanian.

"Misalnya untuk akses ke lahan sawah sudah menggunakan jalan tembok dalam mempermudah pengangkutan hasil panen. Sehingga, kini sudah bisa dilalui oleh motor dan hasil padi tidak diangkut langsung oleh para petani," ujarnya.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)