Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

ALUN-ALUN - Penampilan Teatrikal Nyi Mas Cukang Gedeng Waru turut menyemarakkan jalannya acara Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Sumedang memperingati Hari Jadi ke-446 Sumedang  di Alun alun Sumedang, Jumat malam (26/4/2024). Pertunjukan Forum Jaipongan Kabupaten Sumedang yang melibatkan 40 orang penari, terdiri dari para peserta didik mulai dari jenjang SD Sampai dengan SMA.

Ketua Forum Jaipongan Sumedang Nanu Ruhyana mengatakan, pertunjukan tersebut mengangkat sejarah tentang Ratu Sumedang, istri pertama Raja Sumedanglarang Prabu Geusan Ulun. "Teatrikal Tari dengan judul Nyimas Cukang Gedeng Waru ini bertujuan  mengangkat sejarah istri Prabu Geusan Ulun yang tidak banyak diketahui masyarakat pada umumnya. Ibu Ratu Nyimas Cukang Gedeng Waru adalah istri pertama Prabu Geusan Ulun," ujarnya.

Dikatakannya, Forum Jaipongan Kabupaten Sumedang juga akan menjadi delegasi Sumedang dalam acara World Dance Day yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September di ISI Surakarta. "Forum Jaipongan Kabupaten Sumedang akan mengangkat tarian Nyimas Cukang Gedeng Waru dalam event itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, Hari Tari Sedunia diperingati setiap tanggal 29 April yang dicetuskan oleh Komite Tari Institut Teater Internasional pada Tahun 1982. "Pada World Dance Day 2024 yang akan dilaksanakan di Solo pada tanggal 29 April 2024 kita akan tampil. Mohon doa restu," kata Nunu. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)