Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

CIMANGGUNG - Tenda darurat dan dapur umum didirikan di kawasan industri Dwipapuri, Situbuntu, Desa Mangunarga, Kecamatan Cimanggung untuk warga terdampak angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung. "Saat ini kami sudah dirikan tenda dan juga dapur umum di Posko Dwipapuri ini. Saat ini ada 15 dan 49 warga terdampak yang tinggal sementara di tenda darurat, karena rumah-rumah mereka memang rusak," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumedang Atang Sutarno, Kamis (22/2/2024).

Selain tenda, berbagai bantuan pun sudah tersalurkan seperti alas tidur, selimut, dan makanan. "Untuk penganan hari ini kami berdasarkan hasil rapat, diberlakukan Tanggap Darurat selama 7 hari kedepan," ujarnya.

Lebih jauh Atang mengatakan, pihaknya masih menghitung dampak secara keseluruhan yang ditimbulkan akibat puting beliung di dua kecamatan. "Sejak hari pertama kami sudah melakukan pendataan, tapi sampai saat ini belum bisa menyimpulkan berapa jumlahnya. Hanya saja kalau dilihat dari jumlah ini terus bertambah dikisaran 300," ujar Atang.

Sementara korban luka, tercatat ada delapan orang. Mereka mengalami luka-luka ringan. Semua korban tersebut sudah dievakuasi dan mendapat perawatan medis, dan sudah diperbolehkan pulang. "Lukanya ada yang karena benturan, ada juga yang dijahit sampai 5 jahitan, itu karena memang benturan dari benda-benda yang jatuh," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)