Penulis: Agun Gunawan Editor: Vera Suciati 

RANCAKALONG - Pemerintah Kecamatan dan UPTD Pertanian Wilayah Rancakalong terus menggencarkan program Teras Hejo di kantor pemerintah dan rumah warga. Kasubag TU UPTD Pertanian Wilayah Rancakalong, Totong, mengatakan program Teras Hejo sudah terlaksana 10 desa di Kecamatan Rancakalong.

"Sampai saat ini program kegiatan Teras Hejo bergulir dan terus berlanjut di 10 desa. Digarap oleh lebih dari 24 kelompok wanita tani (KWT), termasuk juga kelompok pemuda tani," katanya.

Kini pihaknya terus melakukan pembinaan kepada kelompok tani dalam menjalani Teras Hejo. Pendampingan dan pembinaan dilakukan agar para petani lebih inovatif dan kreatif.

"Yang dirasakan manfaatnya bagi para petani, yang tadinya kurang paham akan budidaya, tapi setelah diberi edukasi mereka jadi paham dan antusias. Jadi pendapatan para petani juga meningkat," ucapnya.

Ketua KWT Hanjuang Bungur Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong, Kusmiati, mengakui bahwa program Teras Hejo sangat dirasakan manfaatnya. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah, warga menanam komoditas, seperti bumbu dapur hingga sayuran.

"Adanya Teras Hejo, cabai, tomat, buncis, sawi, bawang daun, dapat membantu kebutuhan dapur. Jadi kalau perlu tidak perlu beli, tinggal petik di depan rumah," ucapnya.

Bahkan, kata Kusmiati, tak hanya untuk dikonsumsi sendiri, hasil Teras Hejo juga kerap dijual ke pasar modern.

"Sangat menunjang bagi kebutuhan sehari-hari. Dijual juga laku ke supermarket, ke pasar-pasar juga," ucapnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)