DINKES - Menjelang keberangkatan jamaah calon haji (calhaj) tahun 2020, jamaah calhaj asal Kabupaten telah tuntas melaksanakan tes kesehatan dan kebugaran tahap pertama.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Dadang Sulaeman pemeriksaan tahap pertama kesehatan calhaj dilakukan di tingkat Puskesmas.  "Untuk pemberangkatan tahun 2020 ini ada 893 calhaj yang akan berangkat sesuai kuota dari Kemanag dan semuanya telah dilakukan test kesehatan dan kebugaran," terang Dadang Sulaeman Sabtu (18/1/2020).

Ditambahkan Dadang, pihak petugas dari Puskesmas saat ini masih melakukan rekap terkait hasil test kesehatan ini.  "Mudahan mudahan minggu minggu ini selesai, dan bisa diketahui berapa orang yang harus di rujuk ke RS guna mendapatkan pemeriksaan lanjutan," katanya.

Untuk tes kebugaran sendiri rencananya akan pula dilakukan untuk tingkat Kabupaten. Tes kesehatan dan kebugaran ini penting dilakukan untuk melihat tingkat kesehatan dan kebugaran calon jemaah haji sehingga memudahkan dalam penanganan selanjutnya.  "Namun demkian hasil dari tes kesehatan dan kebugaran ini tidak menjadikan seseorang gagal untuk berangkat," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)